Tips Cara Mudah Melindungi Fungsi Mata

Alat penting di tubuh kita yang berguna untuk menerima informasi dengan lingkungan sekitar adalah Panca indera. Salah satunya adalah mata kita dan jika mata mengalami gangguan tentu bisa membatasi aktifitas bahkan bisa membatasi ruang gerak kita.

Untuk itu, bagi yang saat ini masih memiliki mata yang sehat sebaiknya kita menjaga agar jendela dunia kita ini akan selalu tetap berfungsi optimal.

"Kualitas hidup Anda terkait erat dengan seberapa baik Anda Anda melihat," kata optometrist, Lisa Shin, OD, seperti dilansir laman Care2.

Berikut beberapa tips yang tak terduga untuk melindungi penglihatan Anda:


1. Makan makanan yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah perubahan mata yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula.

Untuk menjaga mata Anda dalam keadaan prima, Shin menyarankan menggabungkan vitamin mata dengan mineral dalam diet Anda seperti lutein dan zeaxanthin (ditemukan di brokoli, jagung, labu, paprika, bayam dan kale), vitamin C (yang ditemukan dalam buah jeruk, melon, tomat dan brokoli), vitamin E (ditemukan dalam kacang-kacangan, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian), seng (ditemukan dalam biji-bijian), dan omega-3 asam lemak (ditemukan pada ikan salmon).

2. Kurangi paparan sinar matahari.

Katarak adalah penyebab paling umum kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Karena sinar ultraviolet matahari bisa meningkatkan risiko terkena katarak, penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari. Shin menyarankan memakai UV kacamata pelindung, serta mengenakan topi bertepi lebar.

Faktor risiko lain untuk mengembangkan katarak meliputi riwayat keluarga, diabetes, hipertensi, obesitas, merokok, cedera mata sebelumnya atau operasi dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

3. Berhenti merokok.

Perokok memiliki risiko lebih besar terkena baik degenerasi makula dan katarak.

4. Olahraga teratur.

Olahraga teratur bisa menjaga mata Anda tetap tajam.(jpnn)

5. Kurangi Menatap Layar Gadget

Saat anda mengerjakan tugas kantor, sekolah atau kuliah usahakan setiap 5 menit mengalihkan pandangan dari layar komputer. Begitu juga saat menggunakan smartphone janga terus menerus menatap layar smartphone dan sering-seringlah berkedip agar mata tidak kering.

Baca Juga : Fried Chicken Penyebab Masalah Seksual dan Obesitas Anak

0 Response to "Tips Cara Mudah Melindungi Fungsi Mata"

Post a Comment