Cara Mengurangi Bahaya TV dan Perangkat Elektronik pada Anak

Dampak Negatif TV dan Smartphone. Saat ini televisi dan perangkat gadget elektronik telah menjadi semacam kebutuhan bagi anak dalam menghabiskan sebagian besar waktu luangnya. ketertarikan anak terhadap film animasi, kartun dan games komputer sangat mengganggu orang tua yang mencoba untuk melawan efek negatif gadget dalam segala hal.

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk menghindarkan anak dari perangkat tersebut seperti menyembunyikannya pada tempat yang tidak terjangkau oleh anak atau membiarkan komputer tablet tidak dicas selama beberapa hari. Namun setiap aksi adalah reaksi, anak yang cerdas tanpa berhubungan dengan gadget favorit akan memikirkan rencana cerdik agar dapat mengaksesnya di luar rumah, misalnya main kerumah teman.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua tidak dapat menolak kecanggihan teknologi dan memusuhinya tapi hendaklah mengaturnya dengan baik agar kecanggihan teknologi dapat digunakan untuk kebaikan dan kemajuan anak.


1. Anak perlu diberi penjelasan bahwa gadget (komputer, tablet, smartphone) bukan hanya berfungsi sebagai alat bermain tapi juga untuk belajar.

Di internet bisa dicari situs yang menyediakan pernainan yang mendidik dan juga program pendidikan. Melalui internet seorang ibu dan anaknya dapat melakukan perjalanan yang menakjubkan ketempat yang jauh dan melakukan tur online ke museum terkenal di dunia. Tablet, smartphone dan komputer dapat membantu mempelajari dasar-dasar dari berbagai ilmu dan untuk berlatih percakapan bahasa asing.

2. Sebuah Televisi dan komputer mungkin juga berguna untuk perkembangan anak.
Jika orang tua dan anak menonton sebuah program pendidikan dan kemudian mendiskusikannya, maka anak akan segera mempunyai wawasan yang luas dibanding teman sebayanya. Berikan anak contoh bagaimana orang tua dapat menggunakan komputer dengan baik dan segera dia akan mencari jaringan yang luas, hal-hal menarik dan program pendidikan.

3. Smartphone, tablet atau komputer dapat menjadi organizer yang hebat bagi anak.
Dengan sarana itu mereka akan belajar secara rasional merencanakan hari mereka dan membagi waktu. untuk melakukan hal ini orang tua perlu membantu putra putri mereka untuk mempelajari salah satu program alarm schedule untuk membuat daftar kegiatan harian. biarkan suara alarm untuk mengingatkan anak tentang perlunya mempersiapkan kegiatan hari berikutnya. Metode kontrol ini pasti akan dinikmati anak-anak lebih dari metode manual suara ibunya yang berteriak-teriak mengingatkan.

4. Ada program khusus yang secara otomatis mematikan komputer pada waktu yang telah diset.
Instal dan aktifkan program ini untuk mengontrol anak yang bermain komputer terlalu lama. Misalnya anda tinggal menset waktu hitungan mundur untuk 3 jam pemakaian.

5. TV juga bisa menjadi sumber energi positif. Dalam musim hujan ibu dan anak-anak dapat bersantai disofa sambil menonton tv bersama.

Untuk Mengurangi Bahaya Gadget bagi anak orang tua harus perhatikan tips ini:

1. Sebelum anak mulai menonton film kartun untuk pertama kalinya, Ortu harus memperkenalkan dan membiasakan mereka dengan buku bacaan. Jika orang tua akan dapat menumbuhkan minat membaca dalam diri anak, maka gadget akan memiliki pesaing serius.

2. Jangan menggunakan TV atau komputer sebagai pengasuh. Membiarkan anak tertidur didepan tv adalah sebuah kebiasaan negatif, meskipun untuk menghindari itu kecil kemungkinannya bisa dilakukan.

3. Saat menonton TV atau komputer pastikan untuk membatasi jam tayang mereka sesuai dengan kesepakatan ayah dan bunda dengan menseting mati otomatis pada perangkat.

4. Ketika ada pilihan antara menonton film bersama-sama atau jalan-jalan, Anda harus memberikan perhatian ke pilihan kedua.

Anak, yang hidupnya penuh dengan hal-hal menarik seperti olahraga, seni, permainan outdoor dengan rekan-rekan mereka, tidak akan pernah menjadi korban kecanduan komputer. Melindunginya dari pengaruh virus kerusakan virtual hanya dapat dilakukan oleh orang tua yang akan mengambil bagian aktif dalam kehidupan anak dan tertarik pada semua yang dia lakukan.

Bagaimana dengan kita dan anak-anak di rumah?
Baca Juga ; Kisah Mami dan Anaknya yang Terkurung di Mobil

0 Response to "Cara Mengurangi Bahaya TV dan Perangkat Elektronik pada Anak"

Post a Comment