Rumus Menghitung Perkiraan Tinggi Badan Anak

Bagaimana cara menghitung perkiraan tinggi badan maksimal dan minimal pada anak-anak? Dalam sebuah keluarga sering kita jumpai postur tubuh yang berbeda antara ayah, ibu dan anak. ada anak yang lebih tinggi dari ortunya tapi ada juga malah lebih pendek, terkadang postur tubuh mereka sama atau beda tipis. Hal ini terkait dengan gen dan asupan gizi.

Kebanyakan orang tua lebih menginginkan anak-anak mereka memiliki tinggi badan melebihi mereka. Hal ini terkait dengan masa depan anak-anak tersebut meski tidak baku. Misalnya jika seorang anak nantinya bercita-cita mengikuti Akdemi Militer, menjadi pilot atau sekolah kedinasan mereka bisa gagal jika tingginya tidak memenuhi syarat minimal untuk ikut seleksi awal.

Biasanya tinggi menimal untuk ikut tes masuk Militer atau sekolah kedinasan adalah berkisar antara 160-165cm untuk pria dan 155-160cm untuk wanita. Nah jika tinggi badan anak tidak sampai memenuhi syarat minimal maka akan gugur dengan sendirinya.


Menurut dosen fakultas kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ada rumus yang dapat digunakan untuk memperkirakan berapa tinggi badan anak setelah dewasa. Dalam penggunaan rumus hitung tinggi badan ini ada perbedaan rumus antara laki-laki dengan perempuan.

Rumus Tinggi Badan Anak Laki-laki


Tinggi Badan Ayah ditambah Tinggi Badan Ibu ditambah 13 cm dan dibagi dua, lalu ditambah atau dikurangi 8,5 cm.

TB = (TBA + TBI + 13cm) / 2, hasilnya ditambah dan dikurangi 8,5cm

Contoh kasus ;

Misal tinggi badan ayah 175cm dan Tinggi badan ibu 170, maka rumusnya : 175cm + 170cm + 13cm = 358cm/2 = 179cm

179cm+8,5cm = 187,5 cm tinggi maksimal
179cm-8,5cm = 171,5 cm tinggi minimal

Rumus Tinggi Badan Anak Perempuan

Tinggi Badan Ayah ditambah Tinggi Badan Ibu dan dikurangi 13 cm dibagi dua, lalu ditambah atau dikurangi 8,5 cm

TB = (TBA + TBI - 13cm) / 2, hasilnya ditambah dan dikurangi 8,5cm

Contoh kasus ;

Misal tinggi badan ayah 175cm dan Tinggi badan ibu 170, maka rumusnya : 175cm + 170cm - 13cm = 332cm/2 = 166 cm

166cm+8,5cm = 174,5 cm tinggi maksimal
166cm-8,5cm = 157,5 cm tinggi minimal

Manfaat yang dapat kita ambil dari diketahuinya perkiraan tinggi anak setelah dewasa, maka orang tua dapat mempersiapkan sejak dini dan mengoptimalkan pencapaian tinggi anak melalui asupan gizi dan olah raga yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi secara signifikan, seperti renang misalnya.

Nah, sobat tekno hal ini juga sudah saya rasakan meskipun ortu tidak mengetahui sejak dulu bahwa ada rumus untuk hitung perkiraan tinggi anaknya, sehingga sekarang tidak perlu heran jika tinggi badan anaknya melebihi tinggi orang tua.

0 Response to "Rumus Menghitung Perkiraan Tinggi Badan Anak"

Post a Comment