Peluang Usaha Kreatif Bulan Ramadhan

Bulan Puasa atau bulan ramadan hingga memasuki bulan syawal (hari raya idul fitri) adalah bulan penuh berkah, tidak saja bagi umat islam tapi bagi seluruh manusia, khususnya di Negara-negara yang mayoritas muslim.

Salah satu keberkahan ramadhan adalah terbukanya peluang bisnis kreatif mandiri (UKM) bagi entepreneur muda dan penuh inovasi tentunya dengan modal kecil atau modal yang tidak terlalu besar. Berdasarkan pengamatan kami dilapangan, berikut beberapa potensi bisnis yang dapat sobat jalani selama bulan ramadhan ;

1. Jualan Daging Segar
Sehari atau 2 hari menjelang ramadhan dan lebaran, biasanya ibu-bu rumah tangga akan mempersiapkan kedatangan bulan istimewa ini dengan melengkapi menu sahur pertama dengan berbagai masakan. Salah satunya adalah dengan membuat rending dan penganan olahan daging sapi dan ayam lainnya.


Dengan meningkatnya permintaan akan kebutuhan daging segar, bisanya pedagang daging sapi regular akan kewalahan memenuhi permintaan pasar, sehingga sobat dapat menjadikannya sebagai peluang untuk ikut ambil bagian penjadi penjual daging musiman.

2. Jualan Masakan
Ketika bulan puasa, khususnya wanita karir atau yang bekerja tidak lagi mempunyai waktu untuk mempersiapkan menu berbuka puasa dan makan sahur, alasannya macam-macam, bisa karena waktu yang sempit atau karena kelelahan. Mengatasi hal itu mereka akan membeli masakan siap saji.

Jika sobat, ibu atau isteri mempunyai keahlian dalam memasak lauk pauk. Maka peluang usaha ini dapat dijadikan income tambahan bagi keluarga selama bulan puasa.

Tempat pemasaran yang paling efektif untuk jualan masakan adalah lingkungan perkantoran. Baca : Tempat Pemasaran Industri Rumah Tangga Efektif

3. Jualan Penganan dan Minuman segar.
Orang yang berpuasa umumnya akan mempersiapkan menu berbuka dengan berbagai makanan olahan industi rumah tangga seperti kolak, bubur, kolang kaling, kue-kue basah, es cendol, sari buah, es rumput laut, es kopyor dan berbagai minuman aneka es lainnya.

Puncaknya ketika pertengahan puasa, ibu-ibu akan sibuk mempersiapkan kue-kue lebaran berupa kue kering dan kue basah.

Ini adalah sebuah peluang jika sobat, ibu atau isteri mempunyai keahlian dalam membuat kue dan minuman ringan.

4. Jualan Pakaian dan perlengkapan lebaran
Usaha konveksi atau jualan baju-baju akan laris manis selama bulan ramadhan, khususnya pertengahan ramadhan sampai menjelang malam takbiran menyambut lebaran.

Pakaian yang menjadi trend untuk momen istimewa ini adalah baju lebaran anak, baju koko, baju gamis, pakaian muslim, mukena, jilbab, khimar, peci, sepatu, sandal dll. Untuk perlengkapan lebaran bisa berupa horden, bunga plastik, hiasan dinding dan ruang tamu, dll.

Banyak anak muda dan mahasiswa melakoni usaha dadakan jualan baju ini dan mangkal di pusat-pusat keramaian selain pasar, taman kota atau dipinggir jalan mulai sore hingga tengah malam. Nah jika sobat punya bakat dagang tidak ada salahnya mencoba usaha ini.

5. Jualan Parsel Lebaran
Meskipun KPK sudah melarang pengiriman parsel bagi pejabat dan aparatur Negara dan BUMN/BUMD. Tapi tidak ada salahnya jika sobat masih menekuni bisnis ini. Karena bisa saja orang-orang membeli parsel langsung atau berkirim parsel bagi keluarga dan sanak saudara untuk jadi salah satu hiasan ruang keluarga dalam menyambut hari raya idul fitri.

6. Jualan Mainan Anak-anak.
Dihari penuh kemenangan alias Raya Idul Fitri atau lebaran, sehabis shalat id akan ada acara menambang atau berkunjung bagi rombongan anak-anak ke rumah-rumah sekedar untuk bersalaman dan hmm..intinya mengharapkan angpao dari pemilik rumah. Ini sudah menjadi tradisi dikalangan anak-anak dan saya pun pernah mengalaminya.

Selepas acara jemput angpao ini, biasanya anak-anak akan mendapat uang puluhan hingga ratusan ribu dalam sehari. Setelah itu mereka akan sibuk mencari warung atau orang jualan mainan.

JIka sobat jeli, menjadi penjual mainan anak pada hari raya akan memperoleh keuntungan yang cukup besar karena anak-anak tidak akan terlalu peduli dengan harga mainan, asalkan uang mereka cukup pasti mereka akan membelinya. Tapi sobat juga gak boleh mencurangi anak-anak yang lugu tersebut. Ambillah keuntungan sewajarnya.

Nah, itulah 6 peluang usaha kreatif selama bulan ramadhan dan Lebaran. Tunggu apa lagi segera hitung peluang yang paling menjanjikan dan segeralah beraksi dengan inovasi sobat. Semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Mudah Memulai Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga

0 Response to "Peluang Usaha Kreatif Bulan Ramadhan"

Post a Comment