Cara Mengemudi Mobil Belajar Nyetir Sendiri

Belajar nyetir Mobil Dalam 3 Hari dan gak pake lama. Lalu Bagaimana Cara belajar mobil yang baik dan benar? Berbagai Keterampilan mengendara harus bisa kita kuasai saat ini dan tidak perlu harus nunggu kita bisa punya mobil dahulu.

Setelah sobat tekno bisa belajar motor baik motor matik, motor bebek dan motor kopleng plus bisa mengendarai vespa, sobat harus meningkatkan keahlian dan keterampilan mengendarai mobil. Sebaiknya untuk pertama kali belajar mobil, menggunakan mobil manual dan hindari belajar mobil matic.

Kenapa sebaiknya belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual ? karena di Indonesia yang masih mendominasi jalanan adalah mobil manual dan mobil matic hanya segelintir saja. Memang untuk belajar mobil matik lebih mudah dari mobil manual pakai kopleng, sobat tinggal memasukkan gigi pertama dan selanjutnya akan dilakukan otomatis oleh mobil matic.


Lala apa enaknya beajar mobil tanpa merasakan pengalaman yang berharga, seperti mobil yang loncat ketika tidak singkron saat melepas kopleng dan menginjak gas. atau mobil yang mati mendadak saat berkendara lambat karena tekanan gas terlalu rendah. dll.

Sebenarnya belajar mobil itu baik manual apalagi matic tidaklah sulit, yang sulit adalah saat memarkirkan mobil dan mundur dengan lurus. Teknik ini akan sobat kuasai seiring waktu belajar dan try out yang intens.

Baiklah, sekarang kita mulai tahapan belajar mengendarai mobil bagi pemula dan untuk pertama kali sebaiknya sobat didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman mengendarai mobil ;

1. Posisikan duduk sobat dengan pas di bangku sopir, kemudian stel posisi kaca spion kiri-kanan-belakang sesuai dengan penglihatan sobat.

2. Netralkan posisi gigi/porsneling dengan menginjak+tahan kopleng sambil menggoyangkan tangkai/tuas gigi kiri-kanan dengan tangan kiri

3. Starter mobil

4. Pegang kemudi dengan rileks dan arahkan pandangan ke depan (tapi jangan kaku, santai aja)

5. Setelah mesin mobil menyala, injak dan tahan pedal kopleng dengan kaki kiri


6. Masukkan gigi 1 dengan mengayunkan tangkai porsneling ke arah kiri depan/atas

7. Perlahan injak pedal gas dengan kaki kanan sambil mengurangi tekanan pada kaki kiri

8. Pertahankan suara mesin mobil tetap halus, jangan sampai meraung (kalo ini terjadi artinya pedal kopleng masih sobat injak dengan keras dan mobil belum bisa jalan)

9. Untuk tahap awal pertahankan tekanan kaki kiri pada pedal kopleng setengah tekanan (alias menggantung kopleng) dan tekanan kaki kanan pada pedal gas seimbang.

10. Jika sobat berhasil merasakan momen ini dan mobil tidak terkejut dan bisa jalan dengan pelan, artinya sobat sudah bisa merasakan, selanjutnya tinggal pemantapan perasaan dan singkronisasi kaki kiri dan kanan.

11. Nikmati dulu mengendarai mobil dengan gigi 1, memang jalannya terasa sangat lamban seperti kura-kura.

12. Untuk Berhenti, sobat dapat memindahkan kaki kanan dari pedal gas ke pedal rem dan menginjaknya secara perlahan, lalu diikuti dengan menginjak pedal kopleng dengan kaki kiri secara penuh kemudian netralkan posisi gigi dengan menarik tangkai porsneling ke tengah (dan ikuti cara 2)

13. Jika sobat sudah cukup familiar dengan cara 1-12 selanjutnya kita mulai mengendarai mobil dengan gigi 2.

14. Ketika sobat berada pada cara 10, dan tekanan pada pedal gas bertambah maka suara mesin mobil mulai keras artinya mobil butuh tambahan gigi.

15. Ketika akan memasukkan gigi 2 kurangi sedikit tekanan pedal gas dan full-kan tekanan pedal kopleng lalu tarik tuas gigi/porsneling kebelakang. Setelah gigi 2 masuk lepaskan tekanan pedal kopleng perlahan diiringi menambah tekanan pedal gas.

16. Pada Tahap ini sobat sudah bisa memindahkan kaki kiri dari pedal kopleng dan tetap menjaga tekanan gas dengan kaki kanan tetap stabil agar mobil tidak ogleg-ogleg atau njut-njutan.

17. Selanjutnya...udah dicoba belum ? coba dulu nanti kita lanjutkan.

Semoga Berhasil belajar bawa mobil sendiri. Ini adalah pengalaman saya belajar mengemudi bersama teman.beberapa tahun yang lalu. yang penting sobat harus percaya diri dan jangan takut-takut untuk mencoba.

0 Response to "Cara Mengemudi Mobil Belajar Nyetir Sendiri"

Post a Comment