Asik Mana Mengelola Blog Yang Masih Baru atau Sudah Lama

Lebih asyik mana mengelola blog yang baru saja dibuat atau mengelola blog yang sudah lama dan memiliki PR Tinggi plus alexa ranking yang ramping? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh blogger pemula. Pada Dasarnya mengelola blog mempunyai keasikan tersendiri, tidak peduli blog baru atau blog lama.

Hanya saja tetap ada perbedaan rasa antara mengelola blog yang masih baru dengan blog yang telah eksis di search engine atau mesin pencari khususnya google, yahoo dan bing. Apalagi blog yang sudah lama tersebut sudah mendapat google page rank dan ranking alexa di bawah 500k.

Trus apa saja perbedaan rasa dari mengelola blog baru dan blog lama tersebut? Berikut pengalaman saya :

1. Dalam mengelola blog yang baru saja dibuat atau orang yang baru merasakan blogging akan melakukan updated artikel tanpa beban alias santai saja. Tidak peduli apakah postingan yang di publish akan dibaca orang atau terindex di mesin pencari. frekuensi updated pun sesuai dengan keinginan dan inspirasi saja.


Sedangkan mengelola blog yang sudah eksis kita akan merasa ada tuntutan untuk tetap terus updated artikel setiap harinya karena ini akan sangat mempengaruhi eksistensi blog kita di mesin pencari. karena jika SERP blog buruk atau terpental dari pejwan google maka otomatis visitor juga turun. Lain pasal jika trafik pengunjung langsung datang dari netter yang sudah hafal dengan link blog kita, maka dalam beberapa waktu mereka akan berkunjung kembali.

2. Mengelola blog yang baru saja dibuat akan lebih santai dalam updated postingan terlebih blog tersebut mempunyai niche beragam alias blog gado-gado. Blog buku harian juga dapat terus diupdated sesuai dengan perjalanan hidup si penulis blog setiap harinya.

Mengelola blog yang sudah eksis terlebih yang mempunyai niche tertentu, seperti blog teknologi, blog forex, blog auransi dan advokat akan membutuhkan materi yang lebih spesifik sehingga penulis blog tidak bisa sembarang menulis updated artikelnya.

3. Blog yang sudah eksis, apalagi sudah dimonetize menjadi mesin uang online akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kunjungan yang berasal dari mesin pencari. Nah jika updated postingan tidak dilakukan secara terjadwal maka penghasilan kita pun akan berkurang.

Blog yang masih baru, gak terpengaruh dengan hal itu. karena mereka belum mempunyai target apa-apa selain menulis dan mempublish artikel. Tapi sebenarnya blog yang masih baru tapi juga di targetkan untuk menetize akan terasa berat juga memperjuangkan keberadaan blog di index google dan mesin pencarian.

Nah, berdasarkan pengalaman singkat tersebut, sebenarnya blogging adalah hal yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang hobi menulis dan menjadi semacam citizen journalizm. pokoke happy blogging.

0 Response to "Asik Mana Mengelola Blog Yang Masih Baru atau Sudah Lama"

Post a Comment