Mesin Kendaraan Cepat Rusak Jika BBM Tidak Diisi Full Tank

Jangan biasakan kendaraan Anda baik motor maupun mobil waktu mengisi bahan bakar bensin atau pertamax hanya setengah. Apalagi sobat sering mengisi bensin melalui pertamini alias bensin ketengan. Kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab kerusakan kendaraan Anda. Kok bisa?

Kebanyakan para pemilik kendaraan baru akan mengisi bahan bakar, jika tangki mulai kosong. Mereka mengandalkan indikator yang ada, bila jarum belum menunjukkan E (emty) belum melakukan pengisian.

Kebiasaan ini jangan dilakukan atau paling tidak diminimalisir. Mengisi bensin hanya setengah atau bahkan kurang dari itu, akan turut andil merusak kendaraan.

Banyak alasan mengisi bensin hanya setengah tangki, alasannya karena dana. Alasan ini ternyata bisa merugikan Anda. Pengisian setengan tangki akan menimbulkan karat pada tangki kendaraan.


Memang beberapa pabrikan telah menggunakan bahan plastic untuk tangkinya. Namun timbulnya karat masih sangat mungkin, karena sifat dari bahan bakar yang mudah menguap.

Bila semakin banyaknya ruang kosong pada tangki, maka makin besar pula jumlah uap yang ada. Dengan begitu, potensi karat pun akan lebih besar lagi. Hindari hal ini dan jangan sampai karat memenuhi tangki, ini akan berpengaruh dengan performa kendaraan.

Banyaknya karat dan kotoran pada tangki bahan bakar, akan membuat filter dan pompa bahan bakar (rotak) harus bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Akbatnya, rotak bisa mati sendiri.

Jadi maksimalkan pengisian bahan bakar kendaraan Anda. Mengisi penuh tangki bahan bakar, juga berhubungan dengan posisi parkir. Jika memarkir kendaraan di tempat terbuka, pastikan untuk mengisi full tangki bensin. Karena kendaraan yang diletakkan ditempat tertutup yang lembab atau tempat terbuka yang panas mempercepat proses penguapan bahan bakar.

Baca Juga : 6 Cara Mengisi BBM Agar Hemat

source: http://autotekno.sindonews.com/read/1012198/128/isi-tangki-bensin-hanya-setengah-penyebab-rusak-kendaraan-1434167262

0 Response to "Mesin Kendaraan Cepat Rusak Jika BBM Tidak Diisi Full Tank"

Post a Comment