Cara Mengetahui Artikel Belum Terindeks Google Paling Mudah

Selama ini kita selalu disuguhi cara mudah mengetahui artikel atau postingan blog sudah terindex google. Nah pertanyaannya, bagaimana cara tahu posting blog kita yang belum terindex google? Mempublish artikel dan segera di index oleh mesin pencari adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi seorang blogger.

Bagaimana tidak, dengan terindexnya postingan blog kita yang baru saja di buat akan membuka peluang untuk bersaing posisi SERP dengan jutaan blogger lainnya. Artinya visitor akan segera berdatangan dan mengalir seperti air terjun menuju blog kesayangan. Lebih bagus lagi saat artikel baru diindex google langsung masuk pejwan.

Biasanya paling lama dalam 24 jam artikel baru kita publish akan diindex oleh google dan paling cepat dalam beberapa detik setelah publish. Tapi yang paling menjengkelkan adalah setelah berhari-hari bahkan berbulan-bulan, postingan blog belum juga di index, padahal dilihat pada webmaster tool google statusnya sudah di submitted.


Untuk itulah para blogger harus kerja ekstra untuk mengetahui status index postingan kita di webmaster tool. Satu lagi kita jangan mudah senang dulu dengan laporan indexed yang berjumlah 2 kali lipat postingan sebenarnya. Bisa jadi yang terindex tersebut adalah duplicated postingan berupa halaman arsip, label atau duplicated title tag.

Memang pada google wmt tidak memberikan rincian daftar artikel kita yang belum terindex. Trus bagaimana caranya agar kita tahu artikel kita sudah terindex atau belum pada GWMT? Caranya mudah sekali tapi cukup merepotkan jika sobat terlambat mengeceknya saat postingan sudah berjumlah puluhan bahkan ratusan buah.

Mengatasi hal itu sobat harus rajin mengecek indexed postingan blog pada WMT dalam 2 x 24 jam setelah artikel di published agar proses fetch as google dapat segera dilakukan. Apa itu Fect as google? Ini adalah salah satu fitur pada GWMT untuk membantu proses submit dan index postingan blog.

Trus bagaimana cara paling mudah mengetahui status index postingan blog kita ?
Sobat cukup menuliskan pada kolom address bar pada browser kata site: kemudian copy dan pastekan link artikel blog setelah kata tersebut.

Contoh = site:http://www.teknotc.com/2015/06/cara-mengetahui-artikel-belum-terindeks-google-paling-mudah.html
Jika kemudian muncul laporan dalam bentuk tulisan yang sama dengan link di atas, artinya postingan belum di index oleh google. Tapi jika yang muncul tulisan yang sama dengan link hidup berwarna biru dan bisa diklik artinya postingan sudah di index oleh google. 

Atau ketik site:http://www.teknotc.com (ganti dengan alamat blog sobat)
Kemudian periksa 1 per 1 daftar postingan yang sudah di index tersebut dan jika tidak ada postingan yang sudah dipublish dalam daftar tersebut artinya postingan itu belum terindex. 

Agar postingan kembali dijelajahi oleh google bot sobat harus melakukan fetch as google pada wmt. Mudah bukan?

Selamat mencoba semoga sukses!

0 Response to "Cara Mengetahui Artikel Belum Terindeks Google Paling Mudah"

Post a Comment