Jenis Penyakit Populer Bulan Ramadan

Bulan ramadhan harusnya identik dengan bulan yang penuh berkah, tapi keberkahan bulan puasa ini tidak bisa di dapatkan oleh semua orang. Hal ini lebih disebabkan oleh kelalaian manusia itu sendiri karena memperturutkan hawa nafsu terutama nafsu makan dan minum ketika buka puasa dan sahur.

Sehingga tidak sedikit orang yang berpuasa justru malah menderita sakit musiman ini. Apakah penyakit musiman yang sering dialami orang yang berpuasa ketika bulan ramadan?

1. Batuk dan Pilek
Seperti yang sudah kita bahas pada postingan sebelumnya, bahwa sakit batuk dan flu akan banyak menyebar dikalangan orang yang puasa. Hal ini disebabkan karena menu buka puasa yang di isi dengan sajian aneka es.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa mengkonsumsi air es ketika suhu tubuh sedang panas saat berpuasa akan mengakibatkan kekagetan dalam sistem pencernaan. Ibarat kaleng yang dibakar hingga merah kemudian disiram dengan air maka otomatis kaleng akan mengkerut. begitu juga dengan tubuh.


2. Radang Tenggorokan
Penyakit ini merupakan lanjutan dari batuk dan pilek. jika tidak cepat diobati, maka hidung meler akan berakibat pada radang tenggorokan dan jika ini terjadi tubuh akan mengalami demam. Bagaimana sobat akan berpuasa jika sedang demam? karena itu jagalah kesehatan tubuh selama berpuasa.hindari minum air dingin es saat berbuka.

Bagaimana mengatasinya? Baca : Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter Paling Ampuh

3. Panas Dalam
Jika sobat kurang minum air putih setelah berbuka dan saat makan sahur maka tubuh akan mengalami dehidrasi selama puasa. Akibatnya akan timbul sariawan dan bibir pecah-pecah. Makanya minumlah air putih yang banyak setelah berbuka dan saat makan sahur. Minimal 8 gelas air putih harus habis dalam masa itu.

Ketika setelah sahur dan setelah shalat subuh sobat minimal buang air kecil 2 kali, itu baru terpenuhi kebutuhan cairan untuk berpuasa.

4. Perut Kembung
Banyak mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung gas akan menyebabkan perut kembung. juga makan yang berlebihan akan menjadikan perut terasa kembung. karena itu makan dan minumlah dengan pola yang sehat dan bergizi. hindari minuman bersoda selama puasa.

salah satu cara alami mengatasi perut kembung adalah dengan minum teh lidah buaya

5. Sakit Gigi
Selama puasa, sakit gigi juga dapat kambuh karena suhu tubuh yang cenderung meningkat, coba bayangkan sakit gigi kambuh saat sedang berpuasa tentu sobat akan berada dalam dilema antara membatalkan puasa atau menahan sakit gigi hingga berbuka nanti. ampun deh nikmatnya

Solusinya dengan menyikat gigi sehabis berbuka, akan tidur dan setelah sahur. selanjutnya banyak mengkonsumsi air putih di malam hari dan ketika sahur terus jangan lupa minum obat gigi yang ampuh.

Baca : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Resep Dokter

0 Response to "Jenis Penyakit Populer Bulan Ramadan"

Post a Comment