Solusi Laptop Kena Air Ini Yang Harus Dilakukan

Solusi Apa yang harus dilakukan saat laptop yang sedang hidup tiba-tiba terkena tumpahan air? Masalah tidak saja datang karena kecerobohan kita tapi juga bisa karena kecerobohan orang lain dan ini benar-benar musibah dan ujian kesabaran bagi sobat tekno kasadayana.

Pernahkah sobat mengalami kejadian saat sedang asyik browsing atau sedang mengerjakan tugas kuliah, tugas sekolah taupun tugas kantor tanpa diduga air minum ataupun air dari loteng yang bocor langsung mengucur di permukaan keyboard laptop. Panik? mungkin sebagian besar orang akan gelagapan menghadapi peristiwa ini.

Hal ini pernah saya alami, laptop kantor yang saya bawa pulang untuk menyelesaikan pekerjaan terkena tumpahan air minum yang dibawa oleh anak saya yang masih kecil. Ceritanya begini ; Malam itu seperti biasa saya membuka laptop pada meja kecil setinggi lebih kurang 40 atau 50 cm. saat sedang asyik mengetik, tiba-tiba anak saya yang paling kecil datang sambil berlari dengan segelas air ditangannya.


Ntah karena pegangannya kurang kuat, pas di depan laptop airnya tumpah dan membasahi permukaan keyboard. Saya langsung terperanjat karena itu adalah pengalaman pertama saya menghadapi laptop tersiram air. Mau marah gimana? padahal anak-anak sudah saya wanti-wanti sejak lama; jangan membawa air apabila mendekati benda-benda elektronik seperti dvd player, TV, radio Tape, hp, ps dan laptop.

Yah mau gimanalagi dasar anak-anak, sebuah nasehat penting tersebut hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri dan mereka hanya ingat jika diingatkan. Apa daya semua sudah terjadi. Ketika air tumpah ke atas laptop yang sedang on cepat-cepat saya cabut kabel listriknya dan berusaha untuk men-shutdown laptop tersebut tapi air lebih cepat merembes kedalam komponen motherboard dan akhirnya laptop mati dengan sendirinya.

Dalam keadaan kesal bercampur stres karena laptop tersebut laptop kantor yang apabila rusak saat dibawa pulang akan menjadi tanggung jawab saya, mulailah saya membuka baterai laptop dan membalikkan posisinya, kemudian meniupnya dengan hair dryer punya istri.

Setelah itu laptop saya keringkan dengan cara di angin-anginkan dengan menaruhnya dalam posisi terbalik dengan sudut segitiga selama 3 hari. Saya masih punya harapan agar dalam 3 hari air tumpahan tadi dapat benar-benar kering untuk menghindari korsleting komponen dalam laptop.

Akhirnya, setelah 3 hari saya beranikan diri untuk mencoba menghidupkan laptop seperti biasa... dan Alhamdulillah laptop dapat hidup dan berfungsi seperti sediakala hingga saat ini. Nah jika sobat pernah atau untuk jaga-jaga jika peristiwa ini terjadi pada sobat berikut tips untuk mengamankannya ;

1. Segera cabut aliran listrik dari stop kontak menuju laptop

2. Jika memungkinkan, shutdown laptop atau segera cabut baterai untuk menghindari arus pendek

3. Setelah baterai dilepas, balikkan posisi laptop sambil digoyang dikit agar air bisa keluar

4. Gunakan hairdryer atau kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan

5. Angin-anginkan laptop selama beberapa hari dalam posisi segitiga, makin lama makin baik.

Nah itu saja tips dari saya, semoga jika sobat mengalami laptop terkena air dapat kembali hidup normal seperti pengalaman saya. Jika tidak berhasil berarti ada kerusakan sehingga harus dibawa kereparasi laptop.

Selanjutnya ; Ini yang harus dilakukan jika laptop jatuh terhempas

0 Response to "Solusi Laptop Kena Air Ini Yang Harus Dilakukan"

Post a Comment