Hewan Aneh Katak Ular Dari Kamboja

Katak atau Kodok aneh. Biasanya kita mengenal binatang 2 alam ini adalah hewan yang suka melompat, sehingga istilah untuk menghukum sering disebut sebagai lompat kodok. Tapi kali ini ditemukan katak/kodok yang sama sekali tidak berwujud seperti yang biasa kita kenal, tubuhnya panjang dan licin mirip belut tapi lebih besar seperti ular air dan mempunyai panjang 1,5m.

Jika Anda ditanya seperti apa rupa sebuah hewan yang bisa hidup di air dan darat atau amfibi, mungkin yang ada di bayangan adalah hewan berkaki empat, mata besar, dan berukuran kecil seperti katak.

Namun, 'katak' yang satu ini jauh berbeda, sebab spesies amfibi yang baru ditemukan ini mirip seperti ular.

Spesies tersebut berhasil diidentifikasi awal tahun ini di kawasan hutan gunung Cardamom, Kamboja. Hewan kerabat katak ini sekilas mirip dengan hasil persilangan antara ular dan cacing. Tubuhnya tanpa kaki dan berkulit basah tanpa sisik.


Hewan 'dua alam' ini bahkan oleh penduduk sekitar gunung Cardamom sering kali dikira ular, mengingat panjangnya bisa mencapai 1,5 meter menurut Fauna and Flora International (FFI).

"Penemuan ini sangat penting untuk menunjukkan betapa beragamnya hewan di daerah Kamboja yang banyak belum dipelajari," ungkap Neang Thy, ilmuwan dari FFI, Daily Mail(16/01).

Katak ular Cardamom tersebut mempunyai nama latin Ichthyophis cardamomensis dan ternyata masuk ordo Sesilia, salah satu bagian dari amfibi yang mirip ular. Spesies amfibi unik itu biasa hidup di dalam tanah. Makanan yang disukainya adalah cacing tanah, semut, dan rayap.

Peran Ichthyophis cardamomensis sendiri cukup vital di daerah tropis dan subtropis. Selain itu, hewan yang habitatnya terancam hilang akibat ilegal logging dan pembukaan lahan ini adalah makanan dari ular kepala dua atau Cylindrophis ruffus. (mdk)

Pemberian istilah katak ular ini sepertinya kurang cocok dengan tampilan hewan ini. Ntah bagaimana awalnya binatang ini dinamai katak ular. Cocoknya Ular belut. what do you think?

selanjutnya ; Pot Bunga Canggih Merubah Limbah Jadi pupuk

0 Response to "Hewan Aneh Katak Ular Dari Kamboja"

Post a Comment