Kenapa Saya Harus Ganti Template Blog (Responsive)

Template Responsive Terbaru gratis. Template blog, baik responsive maupun template biasa adalah ibarat sebuah tampilan view sebuah rumah yang dilihat oleh tamu atau pengunjung dari luar. Teori ini sangat berlaku bagi developer perumahan begaya minimalis, mediteranian maupun kompleks perumahan BTN biasa.

Bagaimanapun seorang calon pembeli rumah akan merasa tertarik pada pandangan pertama melihat keindahan dari luar sebuah rumah yang akan dibelinya dan setelah itu barulah view didalam rumah yang akan menjadi penentu transaksi pemilikan rumah tersebut.

Nah, begitu juga dengan sebuah blog atau website. Tampilan home page yang semrawut dan kurang tertata dengan baik serta loading yang lama akan memberikan kesan yang buruk bagi visitor yang pertama kali datang, terlepas dari bernilai atau tidaknya postingan artikel di blog tadi.

Masih untung jika artikel yang kita posting pada blog memang sangat dicari oleh visitor, maka walau dengan terpaksa mereka akan terus mengunjungi blog kita. Namun lain kata jika artikel yang ada diblog kita juga kurang bernilai, maka visitor tanpa pikir panjang akan segera pergi mencari blog yang mempunyai artikel sejenis yang tampilannya lebih menarik.


Berdasarkan Pengalaman saya, Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang blogger (harus) melakukan pergantian template ;

1. Coba-Coba
Biasanya yang rajin gonta ganti template adalah blogger pemula, seperti yang dulu juga saya lakukan. Ketika pertama kali ngeblog selama beberapa minggu menggunakan template bawaan blogger. Tapi setelah rajin googling masalah ngeblog, akhirnya setiap template gratis yang kelihatnnya menarik saya download dan pasang di blog tanpa memahami efeknya pada SERP mesin pencari dan SEO.

2. Mencari Yang Terbaik
Setiap designer template selalu memberikan promosi bahwa templatenya ringan, loading cepat, Seo Friendly, Valid HTML5 dan responsive. Maka ketika kita mulai menerapkan template tersebut pada blog ternyata terkadang hasilnya kurang memuaskan disebabkan hal-hal yang menjadi kekeliruan kita sendiri seperti tidak memahami karakter template yang dipakai, terlalu banyak widget yang kurang perlu terpasang atau bahkan script iklan yang berat, ditambah penguasaan bahasa HTML kita yang belum ada.

3. Refresh Template
Melakukan penyegaran tampilan blog secara total terkdang juga diperlukan. Setelah bertahun-tahun dipakai kita akan merasa bosan setiap kali updated posting selalu melihat tampilan template yang itu-itu saja, yah meskipun tidak demikian menurut visitor setia blog kita. Namun kembali pada prinsip rumah tadi kita juga butuh sebuah penyegaran dari rutinitas.

Ketiga kategori di atas telah saya alami semua, Dimana waktu membuat blog tekno rc ini saya sudah memiliki sedikit pemahaman mengenai template. Jadinya ketika nama dan alamat blog sudah jadi langsung saja saya ganti template bawaan blogger dengan template johny ajaib dari maskolis.

Ntah karena nama dan nice blog tentang teknologi atau karena SEO-nya template johny ajaib dengan mbah google dari bulan kebulan visitor yang datang dari organic search engine google, yahoo, bing dan lainnya terus meningkat hingga melewati angka 1K visitor perhari (meski tidak stabil). Alhamdulillah.

Setelah lebih setahun menggunakan template johny ajaib dan karena tangan juga gatel untuk belajar mengutak atik html template, akhirnya perlahan visitor blog tekno rc mulai berkurang beberapa bulan belakangan menjadi dibawah 1K visitor per day. Tentu saja hal ini cukup merisaukan bagi saya karena penurunan visitor tidak bagus buat monetize blog.

Setelah menemukan template yang serasa cocok, akhirnya masa bakti template johny ajaib diserah terimakan kepada template kompi males buatan kompi ajaib. Kedua template ini merupakan template responsive. Kenapa responsive template cukup penting ? karena lebih dari 50% pengguna menggunakan smartphone atau tablet untuk mengakses internet sehingga tampilan blog akan menyesuaikan dengan lebar dari gadget tersebut.

Harapan saya tentunya kinerja template kompi males pada blog tekno rc akan seperti pada blog juragan cipir,...wkwkwk woles... meskipun ilmu html saya masih nol.

Baca juga ; Visitor Berkurang Gara-Gara Ganti Template

0 Response to "Kenapa Saya Harus Ganti Template Blog (Responsive)"

Post a Comment