Malfungsi Jangan Lacak Tayangan Laman Sendiri

Fitur pelacakan tayangan halaman blog sendiri sudah include dengan paket blogspot dan fitur ini menyediakan pilihan bagi blogger untuk melacak atau menghitung pageview dari semua kunjungan dan atau mematikan fungsi pelacakan jika yang mengunjungi blog adalah webmaster atau siempunya blog.

Tentu saja fitur ini hanya akan berfungsi pada komputer atau laptop yang pernah digunakan untuk login blogger dan disetting seperti penjelasan di atas. Jadi bukan berarti setiap komputer atau laptop akan mengetahui bahwa yang sedang mengunjungi blog adalah pemiliknya. qqq ngawur...

Fitur lacak tangan laman sendiri pada dasarnya adalah setingan default dari blogger untuk menghitung jumlah kunjungan laman sebuah blog. Namun penghitungan ini tidak akan akurat jika webmaster sendiri yang sedang gonta-ganti widget juga dihitung sebagai pengunjung murni.

gambar ; panduantemplateblog.com
Nah, untuk mengatasi masalah ini blogger juga menyediakan pilihan untuk tidak melacak penayangan laman sendiri.

Ketika pertama kali ngeblog, saya tidak begitu memahami seluk beluk dari fitur-fitur yang tersedia pada blogger/blogspot. Sehingga setiap ada memposting artikel atau menambah/menghapus widget otomatis saya akan membuka dan berulang kali melihat tampilan blog tersebut.

Awalnya saya cukup senang, baru beberapa menit memposting artikel ternyata laporan pageview halaman blog sudah puluhan. tapi lama-lama jadi merasa aneh sendiri karena dari laporan jumlah visitor cuma 1 orang dari negara indonesia kok pageviewnya puluhan kali?

Ternyata selidik punya selidik, akhirnya saya tahu bahwa pageview yang banyak itu berasal dari saya sendiri. Setelah itu setiap membuat blog baru saya selalu mematikan fungsi lacak tayangan laman sendiri agar penghitungannya benar-benar valid.

Setelah ngeblog setahun lebih dan mempunyai penghasilan dari publisher cpm/cpc minimal payout dibawah $10 akhirnya saya memutuskan untuk melakukan custom domain dari blogspot.com menjadi domain saya sendiri seperti link yang ada di url browser sobat tekno yaitu teknotc.com.

Seperti kebiasaan lama, saya selalu melihat kembali postingan yang baru saya publish tanpa saya sadari setelah custom domain fungsi jangan lacak tayangan laman sendiri kembali pada setingan default blogger.

Yang membuat saya senang awalnya, dikira setelah custom domain visitor langsung datang dari mesin pencari karena postingan artikel langsung terindex google tapi ternyata berasal dari saya sendiri.

Akhirnya saya memutuskan untuk kembali mematikan fungsi lacak tayangan laman sendiri, Namun masalah terjadi dimana popup window pilihan untuk setingan itu tidak muncul-muncul dan keluar perintah untuk mereload/refresh laman blog. Meski direfresh berkali-kali popup pilihan setingan itu tak kunjung muncul. Ntah bagaimana caranya lagi.

Dan permasalahan ini ternyata juga telah dialami oleh blog panduantemplateblog.com, mungkin permasalahan ini juga sobat tekno alami dan bisa berbagi pengalaman atau tips untuk mengatasinya, dengan senang hati saya tunggu komengnya.

0 Response to "Malfungsi Jangan Lacak Tayangan Laman Sendiri"

Post a Comment