Lampu Fotosintesis Panasonic Pengganti Cahaya Matahari

Apa jadinya manusia, tumbuhan dan hewan tanpa matahari ? Dampak langsung akan dirasakan oleh tumbuhan ketika tidak mendapat cahaya, tumbuhan tidak mampu ber fotosintesa akibatnya tumbuhan akan mati diikuti oleh hewan dan manusia.

Mungkin beberapa tahun kedepan bencana tanpa matahari akan menyelimuti kehidupan manusia, kesimpulan ini berdasarkan pada nash kitab suci. dan kemungkinan hal ini juga yang memacu inovasi Panasonic untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat lampu fotosintesis.

Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel, mengatakan telah mengembangkan teknologi lampu dioda (light emitting diode/ LED) yang mampu menggantikan sinar matahari untuk proses fotosintesis tanaman di dalam ruangan.

Lampu ini, kata dia, berguna untuk menyiasati iklim yang tak menentu akibat pemanasan global. "Dengan teknologi tersebut, petani bisa melakukan budi daya tanaman di dalam ruangan," katanya dalam acara Panasonic Solution Forum, Senin, 13 Oktober 2014.

Rahmat mengatakan teknologi budi daya tanaman dengan lampu LED di dalam ruangan sudah diterapkan di Singapura. Fotosintesis tanaman yang dihasilkan melalui pencahayaan lampu LED, kata dia, tidak kalah dengan hasil sinar matahari.


Dengan alat ini, Panasonic menjamin petani tidak perlu mengkhawatirkan perubahan cuaca. "Suhu dan kelembapannya pun bisa disesuaikan, jadi tanaman bisa tumbuh tanpa tergantung pada iklim," ujarnya.

Selain teknologi LED untuk tanaman, Panasonic juga membangun pembangkit listrik kecil (power supply container)untuk masyarakat di Pulau Karimun Jawa. Alat ini dapat menghasilkan listrik hingga 3.000 watt.

Panasonic, kata Rahmat, juga membangun lampu tenaga surya (solar lantern) di Sumbawa. Alat ini menghasilkan energi terbarukan yang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pemanasan global. Solar lantern mendapatkan tenaga dari panel surya dengan daya 3,5 watt. (tempo)

0 Response to "Lampu Fotosintesis Panasonic Pengganti Cahaya Matahari"

Post a Comment