Cara Cek Blog Terinfeksi Malware Atau Virus

Cek malware dan Virus pada blog. Cara mudah memeriksa dan mengetahui blog atau website apakah terinfeksi oleh script malware secara online. Bagi Blogger yang melakukan monetize blog sangat perlu untuk mengetahui apakah script iklan yang sobat pasang di blog aman dan bersih, sebelum kedahuluan oleh google yang akan menyebabkan blog kesayangan sobat di lock google.

Pemeriksaan kesehatan situs blog juga harus dilakukan oleh blogger yang menggunakan berbagai widget seperti widget random post, widget artikel terkait, widget slider, widget recent artikel, maupun widget komentar dan script-script pihak ketiga lainnya.

Malware didefinisikan sebagai kode berbahaya yang mengacaukan semua fungsi dari situs web atau blog setelah dapat masuk ke script website sobat, mereka akan mengumpulkan informasi yang sangat sensitif dari situs web. Ketika banyak dari kita menambahkan widget pihak ketiga serta plugin untuk blog kita tidak tahu apa jenis script yang ditambahkan bersama dengan widget itu.

Untuk pencegahan kita dapat memeriksa blog untuk deteksi malware segera setelah menerapkan template atau widget. Dalam tutorial ini kita akan memberitahu Anda bagaimana Anda dapat memeriksa blog Anda untuk script berbahaya secara online.


Saat ini Blogger.Com sendiri memonitor blog untuk deteksi adware dan spyware script, jika ada ditemukan script yang mencurigakan mereka akan menambahkan informasi peringatan baru kepada tiap pengunjung blog sobat dan ditambah email peringatan di webmaster tools.

Akibatnya akan berdampak pada reputasi blog sobat dimata visitor dimana kenyamanan pengunjung dipertaruhkan dengan adanya peringatan malware ini dan mereka akan berfikir ulang untuk kembali. Jadi lebih baik sobat menghapus script yang mencurigakan jika ditemukan dalam blog.

1. Sucuri.net 

Sucuri menyediakan check online gratis untuk script malware yang ditempatkan pada blog Anda dan daftar informasi dasar tentang cek. Juga memiliki versi premium dimana securi memindai situs Anda setiap hari secara otomatis dan melaporkan secara langsung saat ditemui script malware.


Kunjungi http://sitecheck.sucuri.net/ dan masukkan URL blog sobat di kotak scan website, lalu tekan tombol Scan untuk memulai prosedur pemindaian situs.

2. Virustotal.com

Virustotal adalah produk dari Google, sebenarnya merupakan layanan gratis yang menganalisis blog Anda untuk file dan URL yang mencurigakan. Hal ini juga mendeteksi virus, Trojan, worm, dan tentu saja semua jenis malware.


Klik virustotal.com dan Pilih tab URL dan masukkan URL blog Anda di kotak teks, lalu tekan tombol pemindaian dan sisanya akan dilakukan oleh Virustotal.

3. Qutera.com

Kunjungi http://quttera.com/scanwebsite dan masukkan URL blog Anda di kotak Scan, lalu klik tombol Scan for malware dan sisanya akan dilakukan oleh Virustotal.

Hasil pemindaian Qutera lebih spesifik menampilkan script atau file yang dicurigai, biasanya file berakhiran javascript (.js) yangt biasa terdapat pada widget atau script iklan cpm/pop up.

Meskipun hasil scan dari ketiga website scan malware tersebut menunjukkan adanya file atau script yang dicurigai, sobat gak perlu panik dulu selagi blog sobat tidak masuk daftar blacklist pada situs black list malware yang juga dilampirkan pada hasil scan tadi.

Itulah tutorial di atas 3 alat yang yang dapat digunakan untuk memindai blog atau website secara gratis. Sekarang giliran sobat untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman sobat dan silakan berbagi pengalaman dikolom komentar. Selamat Scanning. (mybloggerbuzz)

0 Response to "Cara Cek Blog Terinfeksi Malware Atau Virus"

Post a Comment