Beberapa Monumen Paling Kontroversi Sejagad

Monumen kontroversi dan unik. Tidak semua monumen punya cerita yang menarik, atau bentuk yang cantik. Karena, ada juga beberapa monumen yang malah menimbulkan kontroversi. Namun itulah menariknya. Inilah 5 monumen paling kontroversial di dunia.

Mungkin bentuknya yang aneh, atau prosesi pembangunannya yang menimbulkan banyak kritik. Diintip dari BBC, Kamis (2/9/2014) inilah 5 monumen paling kontroversional di dunia. Yuk intip!

1. African Renaissance Monument, Senegal

Pertama kali melihat, mungkin banyak traveler yang berpikir apa maksud dari monumen ini. African Renaissance Monument yang ada di Senegal ini dibangun oleh Presiden Abdoulaye Wade dengan dana yang tidak sedikit.

Sejak pertama kali jadi, monumen setinggi 48 meter ini sudah menimbulkan kritik terutama dari para rakyatnya. Pertama, mereka menganggap monumen itu terlalu membuang uang. Kedua, mereka menganggap monumen ini terlalu seksi lantaran menampilkan patung wanita dengan setengah dada yang terbuka.

2. Valley of the Fallen, Spanyol

Francisco Franco, seorang diktator Spanyol memerintahkan untuk membuat monumen berbentuk salib raksasa dengan basilika besar dan beberapa patung manusia di sekitarnya. Monumen yang bernama Valley of the Fallen ini didirikan di tepi Kota Madrid.

Banyak warga Spanyol yang kesal lantaran monumen ini dibuat untuk sang diktator. Bahkan, ia yang memerintahkan anak buahnya untuk membuat monumen ini sebagai penghargaan bagi mereka yang telah mati di medan perang untuk dirinya.

3. Brown Dog Statue, Inggris

Sekilas, monumen patung anjing ini terlihat tidak spesial sama sekali. Namun, saat tahu sejarahnya, barulah terjawab mengapa kontroversial. Monumen Brown Dog Statue di Taman Battersea, London ini merupakan monumen pengganti atas patung sebelumnya.

Dahulu di sini ada patung anjing kecil yang jadi simbol hewan sebagai percobaan medik di University College. Malu dan kesal, para mahasiswa kedokteran ini menghancurkan monumen. Nah, monumen yang sekarang jauh lebih standar, tanpa air mancur dan segala sesuatu yang mewah.

4. Beatles Monument, Mongolia

Monumen yang salah di tempat yang salah. Mungkin takkan masalah jika Beatles Monument dibuat di Inggris, atau negara mana saja di Eropa atau Indonesia. Asal tidak di Mongolia. Monumen yang dibuat oleh seorang seniman Mongolia bernama Den Barsboldt ini berada di Ulaanbaatar.

Sang pembuat monumen bermaksud membuat monumen ini sebagai representasi dari kebebasan demokrasi dunia Barat. Namun banyak orang, termasuk banyak orang tua, yang tidak setuju karena Mongolia terkenal sebagai negara yang kental dengan budaya tradisional.

5. Che Guevara Statue, Bolivia

Ernesto Che Guevara adalah seorang revolusioner yang berjuang untuk kaum miskin dan tertinggal. Meski banyak yang mengganggap caranya terlalu keras, namun bagi orang-orang di La Higuera, Che tetaplah sosok pahlawan.

Bahkan, pria ini memiliki sebutan "Saint Ernestoa". Sebuah monumen dibuat di tempat yang mungkin tidak terlalu strategis. Di sanalah dibangun patung Che dengan lambang salib di sebelahnya. Ternyata, di monumen itu merupakan tempat dibunuhnya Che. (detik)

0 Response to "Beberapa Monumen Paling Kontroversi Sejagad"

Post a Comment