Ini Manfaat Games Bagi Kesehatan Fisik dan Mental (2)

Anak hobi main games, sering dipandang efek negatif oleh orang tua karena mengkhawatirkan jebloknya nilai pelajarannya disekolah. Kalau orang tua di tahun 80-an masih wajar berpikiran seperti itu karena keterbatasan informasi, tapi anda sekarang adalah anak yang dulu dilarang ortu sering main games Nintendo, Sega dan Gamewatch, masa anda malah balik kepikiran kolot tersebut ?.

Saat Ini anda sudah menjadi ortu dari anak abad milenium, yang perlu dilakukan ortu adalah pengawasan agar anak tidak berlebihan main games PS2, PS3, PS4 atau Xbox serta Games PC dan Laptop. sehingga tidak mengganggu waktu belajar dan istirahat anak.


5. Bermain game action bisa meningkatkan penglihatan Anda

Pepatah favorit para orang tua video game bisa membuat Anda buta! adalah sangat salah. Sebenarnya ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa video game bisa meningkatkan penglihatan Anda.


Penelitian di atas hanyalah satu dari sekian banyak studi; di dalamnya peneliti menemukan bahwa gamer yang bermain game action seperti menembak mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal resolusi kemampuan spasial (kemampuan untuk mengenali objek kecil seperti huruf) mereka.

Game action juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mendeteksi kontras secara visual. Para peneliti bahkan memperkirakan bahwa penelitian tentang video game di masa depan dan bagaimana mereka mempengaruhi penglihatan dapat membantu meningkatkan cara kita mengobati masalah penglihatan. Sebagai seorang yang memakai kacamata, saya berharap mereka benar!

Contoh studi: "Action-Video-Game Experience Alters the Spatial Resolution of Vision" (Psychological Science, 2007)

6. Bermain game bisa meningkatkan koordinasi tangan-mata dan kemampuan motorik

Ini adalah salah satu keuntungan dari bermain video game yang paling banyak diketahui secara umum, dan ada puluhan penelitian yang mendokumentasikan efeknya.

Game, ternyata, bisa melatih keterampilan motorik, dan melatih kita untuk menghubungkan keterampilan tersebut dengan isyarat visual yang cepat. Beberapa dampak yang paling menarik yang ditunjukkan ada kaitannya dengan ahli bedah dan pembedahan; ahli bedah telah terbukti bekerja lebih baik ketika mereka menghabiskan setidaknya beberapa jam seminggu bermain video game.

Contoh studi: "Use of Electronic Games by Young Children and Fundamental Movement Skills" (Perceptual and Motor Skills, Volume 114)

7. Bermain game bisa memperlambat penuaan

Ternyata game tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa! Dalam studi di atas, peneliti menemukan bahwa bermain game yang menstimulasi otak dapat menggagalkan efek dari penurunan kognitif yang normal akibat penuaan secara signifikan.

Tentu saja game yang Anda pilih menentukan; game seperti Mario Kart mungkin tidak akan menstimulasi otak Anda layaknya yang bisa dilakukan sebuah game puzzle.

Tapi tidak semuanya tentang otak dan ternyata video game dapat membuat orang dewasa merasa lebih baik juga. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang bermain game juga memiliki tingkat kesejahteraan emosional yang lebih tinggi.

Dan tentu saja, efek pada ukuran otak, penglihatan, dan kecerdasan yang telah dijelaskan di atas juga memiliki implikasi untuk orang dewasa. Ini menunjukkan bahwa tidak ada kata terlalu tua untuk bermain game!

Contoh studi: "A Randomized Controlled Trial of Cognitive Training Using a Visual Speed of Processing Intervention in Middle Aged and Older Adults" (PLOS ONE, 1 Mei 2013)

8. Bermain game bisa membantu semua jenis masalah medis

Video game juga telah terbukti berguna dalam membantu segala macam masalah medis tertentu. Misalnya, game dapat membantu anak-anak penderita cerebral palsy . Game dapat membantu anak-anak disleksia belajar membaca lebih cepat. Game dapat membantu meringankan 'rasa ingin' untuk para pecandu . Game dapat digunakan untuk menyembuhkan penderita stroke . Bahkan game dapat digunakan untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit!

Manfaat-manfaat tersebut tampak banyak, tapi sebenarnya hanya puncak gunung es dari banyak manfaat lainnya dan ada penelitian baru yang dilakukan sepanjang waktu.

Jadi jika lain kali seseorang memberitahu Anda bahwa bermain video game hanya membuang-buang waktu Anda, jangan khawatir. Selama Anda bermain dalam waktu yang sewajarnya, ada banyak bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Anda sebenarnya tengah meningkatkan kesehatan Anda. (merdeka)

0 Response to "Ini Manfaat Games Bagi Kesehatan Fisik dan Mental (2)"

Post a Comment