Facebook Messenger di Android Wear dan Aplikasi Lainnya

Keunggulan dan Kelebihan Android Wear. Perangkat wearable berbasis sistem operasi Android Wear kembali mendapatkan satu lagi dukungan aplikasi, yakni Facebook Messenger, Whatsapp, Games dan Browser untuk Android Wear.

Raksasa jejaring sosial Facebook telah memperbarui aplikasi pesan miliknya untuk mendukung platform Android Wear. Kehadiran Facebook Messenger ini menyusul keberadaan aplikasi populer lain, yakni WhatsApp, yang sudah terlebih dahulu mendukung perangkat Android Wear.

Facebook Messenger untuk Android Wear sangat sederhana dan tidak sekompleks versi ponsel. Ketika ada pesan masuk, pengguna akan mendapat pemberitahuan layaknya notifikasi biasa. Pengguna bisa memilih untuk melakukan 'like' atau menjawabnya. Untuk me-'like', pengguna cukup men-tap satu kali saja.

Sedangkan jika pengguna ingin membalas pesan tersebut, langkah yang diperlukan juga terbilang sederhana. Pengguna cukup menyebutkan kata atau kalimat yang ingin ditulis, maka aplikasi ini akan memunculkan kata tersebut. Hal ini bisa dilakukan karena Android Wear memang mendukung perintah berdasarkan suara.


"Facebook Messenger versi 9 memiliki kemampuan untuk membalas pesan menggunakan suara langsung dari perangkat Android Wear Anda," tulis Android Software Engineer Facebook Ian Lake dalam akun Google+ miliknya.

"Sebagai pengguna, Anda juga bisa mengirim sebuah balasan jempol 'like' dan mute pemberitahuan dari ponsel atau perangkat Android Wear Anda," imbuhnya.

Beberapa aplikasi pada Android Wear ;
  • WhatsApp Hadir di Platform Android Wear
  • Game Pertama khusus Android Wear
  • Browser untuk Smartwatch Android Wear
  • Tema Star Trek Bakal Hadir di Smartwatch Android

Whatsapp Android Wear

Aplikasi pesan populer WhatsApp baru saja menghadirkan dukungan untuk sistem operasi khusus perangkat wearable, Android Wear.

Kini pengguna perangkat wearable berbasis Android Wear dapat mengunduh dan menginstal WhatsApp ke jam tangan mereka. WhatsApp versi Android Wear dapat menghantarkan notifikasi dan membuka pesan, pengguna dapat merespon pesan melalui perintah suara.

Meski Google telah menyediakan kategori khusus untuk Android Wear, WhatsApp untuk Android Wear ini hanya dapat diperoleh melalui web resmi WhatsApp di tautan ini.

Bagi Anda yang memiliki LG G Watch atau Samsung Gear Live, bisa langsung mengunduh aplikasi pesan ini ke jam tangan pintar Anda.

Games Khusus Abdroid Wear

Sebuah developer baru saja meluncurkan sebuah aplikasi yang diklaim sebagai game pertama yang dirancang khusus untuk platform Android Wear. Game besutan unit9.apps ini diberi nama SWIP3. Seperti apa?

Mengutip AndroidAuthority, SWIP3 merupakan game sederhana yang terdiri dari beragam kotak dengan aneka warna. Sebagai pemain, Anda diharuskan menggabungkan setidaknya tiga kotak dengan warna sama dengan cara menggeser ke atas, bawah, kiri atau kanan.

Selain bermain game pada perangkat Android Wear, Anda juga dapat berkompetisi dengan mengumpulkan skor tertinggi di smartphone atau tablet Android Anda. Dimana letak keasyikannya? Tentunya ini sebagai game pertama yang diciptakan khusus untuk perangkat wearableberbasis Android Wear.

Jika dilihat dari detailnya, game ini tampaknya dirancang untuk perangkat yang memiliki layar persegi. Jadi belum diketahui seperti apa tampilannya jika dijalankan pada smartwatch Moto 360 besutan Motorola yang memiliki layar bundar.

Saat ini SWIP3 sudah tersedia di Google Play Store. Namun, untuk mengunduhnya tidaklah gratis. Para pengguna perangkat Android Wear harus merogoh kocek sebesar US$1,69 atau Rp19.786 jika mengakses toko aplikasi online dari Google itu di Indonesia.

Browser untuk Android Wear

Kini para pengguna smartwatch berbasis Android Wear dapat berselancar di dunia maya langsung dari perangkat jam tangan pintar mereka melalui aplikasi Wear Internet Browser (WIB).

Sudah tersedia di toko aplikasi online Google Play Store, WIB merupakan aplikasibrowser pertama yang hadir di smartwatch yang menggunakan sistem operasi Android Wear.

Penggunaan aplikasi yang dikembangkan oleh Appfour Developer ini terbilang sederhana. Cukup dengan menghubungkannya dengan smartphonemelalui aplikasi pendamping dan smartwatchpun sudah dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Namun, untuk dapat menggunakan browser WIB ini, smartphone yang terhubung padasmartwatch haruslah memiliki sistem operasi Android versi 4.0 atau yang lebih baru.

Smartwatch dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth dan browser WIB akan menggunakan koneksi internet yang dimiliki smartphone.

Mengutip Softpedia, aplikasi WIB ini dilengkapi dengan fitur standar sebuah browser, seperti fitur pinch to zoom untuk memudahkan membaca di layar smartwatch yang kecil.

Tema Star Trek Android Wear

Masih ingat dengan komputer layar sentuh di film Star Trek? Maka, tampilan layar sentuh tersebut bakal hadir di smartwatchdengan sistem operasi Android Wear.

PhoneArena melansir, untuk menggunakan tampilan layar sentuh ini nantinya para pengguna smartwatch Android Wear perlu mengunduh sebuah aplikasi khusus bernama Starwatch.

Starwatch bisa diunduh di Google Play secara gratis. Aplikasi ini akan terhubung secara otomatis ke smartwatch jika disandingkan bersama dengan smartphone.

Klik tautan ini untuk mengunduh aplikasi Starwatch di Google Play. (inilah)

0 Response to "Facebook Messenger di Android Wear dan Aplikasi Lainnya"

Post a Comment