Modus Pembobolan ATM Makin Canggih Waspadalah

Rekening tabungan sobat terkuras tiba-tiba tanpa merasa melakukan transaksi penarikan melalui ATM. Modus kejahatan perbankan semakin canggih. Baru-baru ini tersiar berita mengenai pembobolan atm oleh seorang wanita bule yang berlokasi di Bali.

Selama ini mungkin yang kita ketahui pembobolan ATM hanya melalui No. PIN ATM yang ikut kita simpan berbarengan dengan kartu atm. sehingga ketika kita kehilangan dompet maka otomatis kita juga harus bersiap kehilangan uang di rekening tabungan jika tidak cepat-cepat melakukan pemblokiran kartu atm yang telah raib tersebut.

Modus pembobolan atm yang sempat marak selama ini adalah pembobol melakukan perusakan mesin atm dan memasang nomor costumer bank palsu, sehingga ketika calon korban melakukan penarikan uang dari atm yang telah dirusak tersebut akan mengalami kendala, yaitu kartu atm akan ditelan oleh mesin atm. karena panik sang korban pun menghubungi nomor palsu tersebut dan akhirnya memberitahu nomor pin kartu atm.


Meski pengamanan Mesin ATM semakin ditingkatkan, termasuk dengan memasang penghalang tambahan pada area entri nomor PIN pada mesin ATM. Tetapi kejahatan selalu lebih unggul selangkah dari sistem keamanan.

Modus terbaru pembobol atm yang melibatkan warga negara asing ini tergolong canggih karena menggunakan kamera pengintai mini atau micro camera detectiv yang biasa digunakan oleh tim inteligen.

Dari hasil penyelidikan, penyidik menemukan ada beberapa ATM yang sudah disabotase oleh pelaku.
Pelaku menanamkan alat bernama router dan kamera kecil di mesin ATM. Router itu untuk merekam data dari kartu ATM nasabah, sedangkan kamera itu untuk melihat personal identification number (PIN).

Setelah memasang kamera dan router selama beberapa jam atau hari pada mesin ATM, saat suasana sepi pelaku akan melepas alat perekam tersebut dan pelaku sudah dapat data elektronik ATM dan PIN nasabah. Nah, pelaku tinggal menarik uang saja berapa yang dia mau di mesin atm lainnya agar tidak terdeteksi.

0 Response to "Modus Pembobolan ATM Makin Canggih Waspadalah"

Post a Comment