Cara Kembalikan Kotak Komentar Yang Hilang?

Bagaimana cara kembalikan kotak komentar yang tiba-tiba hilang dari blog?. Bagi sebagian bloger kotak komentar merupakan hal yang penting, karena kotak komentar dapat berfungsi ganda pada sebuah blog. Sebagian lagi malah menilai kotak komentar hanya jadi ajang spammer backlink.

Kotak komentar dapat menjadi ajang diskusi dan komunikasi singkat atas sebuah postingan artikel. Fungsi kotak komentar dapat menjadi wadah tanya jawab antara pemilik blog dengan visitor maupun antara visitor dengan visitor lainnya.

Ketika sobat membaca sebuah postingan dan merasa belum paham atau masih ada hal-hal yang masih kurang jelas maka sobat akan mencari wadah untuk bertanya pada blog tersebut. Apa jadinya jika blog tersebut tidak memiliki kotak komentar. maka dapat dipastikan sobat akan mengeluh atau bahkan langsung meninggalkan blog tersebut dengan kecewa.


Kotak komentar juga bisa menjadi ajang mendapatkan backlink yang berkualitas jika sobat berkomentar pada situs atau blog yang memiliki page rank bagus atau alexa rank yang ramping. beberapa dari pengunjung situs yang sobat komentari dan meninggalkan jejak dengan menanam backlink pasti akan mengunjungi blog sobat.

Tapi akibat dari visitor yang kurang bertanggung jawab yang hanya memburu backlink tanpa memperhatikan komentar mereka dengan postingan yang dibaca tentunya menjadi bumerang bagi blog tersebut. Banyak blog-blog jual beli obat kuat dan obat lainnya hanya menanam backlink tanpa berkomentar. akibatnya blog yang ditanam backlink tersebut reputasinya menjadi buruk dimata mesin pencari terutama google, yahoo dan bing.

Sehingga untuk mengatasinya pemilik blog akhirnya mematikan fitur dalam kotak komentar yang dapat memberi akses untuk menanam backlink, seperti pada blog tekno rc ini. setiap postingan yang disisipkan link hidup akan terhapus otomatis. Bahkan sebagian kecil blogger atau pengelola situs besar memang sengaja tidak menampilkan kotak komentar.

Lha...terus gimana kelanjutan judul postingan ini : Bagaimana cara mengembalikan kotak komentar yang hilang? wkwkwk... sebenarnya saya bukan bermaksud memberikan penjelasan mengenai cara mengembalikan kotak komentar yang hilang. Tapi saya juga lagi bertanya karena kotak komentar pada blog saya juga lagi hilang.

Masalahnya saya tidak tahu pasti kapan kotak komentar pada blog ini menjadi tidak ada lagi. Tapi seingat saya beberapa hari yang lalu saya pernah utak atik template blog ini. Mungkin saja ada bagian script html atau css yang terhapus tak sengaja. sementara ilmu coding saya masih nol besar.

Semoga saja diantara visitor blog tekno rc ada master atau suhu blogger yang memahami permasalahan saya ini yang dapat memberikan petunjuk untuk mengembalikan kotak komentar yang hilang. Jujur saja saya sangat membutuhkan masukan ataupun pertanyaan dari sobat tekno semuanya terkait postingan saya, sekalian ajang silaturahim sesama blogger.

Tapi bagaimana mungkin terjadi jika kotak komentar pada blog tekno rc tidak ada ? Dengan adanya postingan ini saya harapkan sobat tekno tidak berprasangka yang bukan-bukan lagi terhadap blog ini yang mungkin menganggap blog saya sok rame.

Baca Juga ; Cara Mematikan Link Hidup Pada Kotak Komentar

0 Response to "Cara Kembalikan Kotak Komentar Yang Hilang?"

Post a Comment