Kata Kunci Kehilangan Peminat Trafik Blog Lesu Darah

Mungkin sebagian blogger sibuk melakukan optimasi SEO on page dan off page guna mengejar peringkat yang No.1 di SERP (search engine ranking pages). Memang sebuah kebanggaan apabila postingan yang ada diblog kita berada dan menetap di page one mesin pencari utama seperti google, bing dan Yahoo apalagi ditambah dengan search engine Yandex, Baidu dan goo.

Tapi hal itu bukanlah sebuah jaminan pasti untuk membuat blog menjadi bertambah ramai karena kebanjiran visitor berkat SERP artikel blog bercokol di halaman 1 mesin pencari. Banyak hal eksternal yang mempengaruhi posisi SERP postingan dengan traffik kunjungan pada sebuah blog.

Contoh dari keadaan yang saya sebutkan di atas adalah apa yang sedang terjadi pada tekno rc blog. dimana saya merasakan kecenderungan pengunjung tambah berkurang, bahkan angka penurunan jumlah visitor sudah mendekati level yang mengkhawatirkan sekitar 50% turunnya dibandingkan statistik kunjungan bulan lalu.


Awalnya saya mengira karena adanya beberapa laporan eror 404 pada webmaster tools google atau terjadinya laporan masalah duplikat meta tag dan meta description. Tapi setelah saya coba perbaiki meski belum tuntas tidak membawa perubahan yang berarti.

Kemudian saya mencoba checking kata kunci yang mengarah pada blog ini dan hasilnya sungguh mengejutkan ternyata banyak kata kunci yang saya ketikkan berada pada halaman pertama google dengan posisi No.1. Nah itu artinya SERP blog ini bisa dikatakan bagus.

Melihat hal tersebut saya mencoba menarik hipotesa, bahwa meskipun artikel blog kita telah mendapat ranking yang bagus di mesin pencari, sekalipun No,1 dihalaman pertama google tapi karena peminat kata kunci tersebut semakin berkurang maka akan berdampak pada statistik kunjungan blog yang menjadi lesu darah istilah juragan cipir.

Padahal kata kunci yang menduduki ranking 1 tersebut bukanlah kata kunci dadakan seperti kehebohan media online memberitakan suatu kasus, baik politik pemerintahan, naiknya harga bbm dan harga kebutuhan pokok, peristiwa kriminal, artis dan selebritis dll tapi kata kunci yang tetap terus dicari orang.

Atau apakah visitor yang mengetikkan kata kunci tersebut adalah orang yang sama dan telah pernah berkunjung pada blog tekno rc ini sehingga mereka ingin mencari informasi yang berbeda pada blog lainnya yang sama-sama berada di halaman pertama google.

Mungkin juga karena postingan-postingan artikel di blog ini kurang memberikan nilai tambah buat visitor sehingga mereka menjadi malas untuk kembali apalagi meninggalkan sedikit komentar meskipun postingan tetap di updated secara periodik. Kasih masukan dong gan...

Baca Juga : Hasil Pencarian Google Paling Populer Tahun Ini

0 Response to "Kata Kunci Kehilangan Peminat Trafik Blog Lesu Darah"

Post a Comment