Tipe dan Merek HP Pejabat RI Korban Penyadapan Tetangga

Berita Penyadapan HP Smartphone yang dilakukan Amerika dan lebih terkenal Asutralia terhadap beberapa Pejabat penting di Indonesia masih hangat dan cukup menimbulkan reaksi dari berbagai kalangan mulai dari rayat hingga para hacker pun bergeming dengan kelancangan yang dilakukan dua negara yang katanya sahabat dekat Indonesia (mungkin lebih bijaksana disebut sahabat dekat pejabat penting negara ini).

Perang cyber mulai berkecamuk di jagad internet dan surat protes yang rada terlambat juga telah dilayangkan oleh pemerintah serta penarikan dubes Indonesia dari Australia. untuk sebuah maksud agar australia meminta maaf.

Data penyadapan pejabat ini terungkap berkat agen NSA yang membelot dan membocorkan dokumen top secret karena tidak sepaham dengan misi institusi badan keamanan amerika tempat dimana dia bertugas. bukan hanya Indonesia beberapa negara lain bahkan semua negara di dunia telah menjadi korban keangkuhan negara Samiri ini.

Tipe dan Merek HP disadap
Penyadapan HP pejabat ini sangat memalukan karena bukan hanya HP Presiden yang jadi korban bahkan HP istri Presiden pun tidak luput disamping HP beberapa mentri lainnya. Dalam salah satu dokumen yang berjudul "3G Impact and Update" ada sepuluh nama pejabat Indonesia lengkap dengan tipe dan merek ponsel yang mereka gunakan. 
Tercatat, ada lima model merek ponsel yang ikut menjadi "korban" penyadapan badan mata-mata Australia. Lima model ponsel tersebut berasal dari tiga vendor, yaitu BlackBerry, Nokia, dan Samsung.

Nokia menyumbang ponsel yang paling banyak, dengan tiga model, yaitu Nokia E90, E71, dan E66. Adapun BlackBerry hanya satu model, yaitu BlackBerry 9000. BlackBerry seri Bold yang disadap digunakan oleh Boediono (Wakil Presiden) dan Dino Pati Djalal (kala itu Juru Bicara Presiden Urusan Luar Negeri). Samsung pun hanya diwakili satu model, yaitu SGH-Z370 yang digunakan oleh Jusuf Kalla.

Ponsel yang disadap memang model-model yang banyak beredar di pasaran mulai tahun 2006 hingga 2008. Aksi penyadapan sendiri dilakukan pada tahun 2009.

Berikut adalah daftar nama pejabat beserta Merek dan Tipe HP yang disadap berdasarkan data yang diperoleh ABC dari Snowden ;

1. Susilo Bambang Yudhoyono, jenis HP Nokia E90-1
2. Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono), jenis HP Nokia E90-1
3. Boediono (Wakil Presiden), jenis HP Blacberry Bold (9000)
4. Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden), jenis HP Samsung SGH-Z370
5. Dino Pati Djalal (saat itu juru bicara presiden urusan luar negeri), jenis HP Blackberry Bold (9000)
6. Andi Mallarangeng (saat itu juru bicara presiden urusan dalam negeri), jenis HP Nokia E71-1
7. Hatta Rajasa (saat itu Menteri Sekretaris Negara), jenis HP Nokia E90-1
8. Sri Mulyani Indrawati (saat itu Pelaksana Tugas Menko Perekonomian), jenis HP Nokia E90-1
9. Widodo Adi Sucipto (saat itu Menkopolhukam), jenis HP Nokia E66-1
10. Sofyan Djalil (saat itu Menteri BUMN), jenis HP Nokia E90-1

0 Response to "Tipe dan Merek HP Pejabat RI Korban Penyadapan Tetangga"

Post a Comment