Dokumentasikan Situs dan Blog via Internet Arsip

Pustaka Internet Archive. Layaknya sebuah momen berharga yang disimpan melalui dokumen, foto atau video ternyata juga berlaku bagi sebuah situs maupun blog yang pernah ada di jagad maya atau internet. Melalui sebuah aplikasi yang tertanam pada sebuah situs yang mengkhususkan fungsinya sebagai internet archived.

Seperti sebuah mesin waktu mundur, internet archive ; wayback machine dapat membawa sobat tekno kembali kemasa lalu sebuah website atau blog, bahkan meski situs tersebut sudah tidak aktif lagi atau sudah dihapus pemiliknya.

Cara kerja internet arsip ini sama dengan caption sebuah momen saat kita mengabadikannya dengan kamera atau handycam, Kemudian disimpan dalam sebuah server yang dikususkan untuk menyimpan arsip-arsip situs dan blog yang pernah dipublikasikan di Internet.


Mesin arsip internet ini mempunyai syarat khusus untuk dapat membuat arsip sebuah situs, yaitu situs dan blog harus mengizinkan robot crawlers atau laba-laba perayap untuk menjangkau setiap sudut dalam sebuah situs dan tidak akan dapat mendokumentasikan blog sobat jika terdapat robot atau aplikasi pemblokir robot perayap.

Saat ini sudah terdokumentasikan sebanyak 456 milyar laman web. artinya itu hanya laman website yang mengizinkan dirayapi oleh robot crawler sedangkan jumlah situs web yang tidak mengijinkan perayapan saya sendiri belum mendapatkan datanya.

Jika sobat ingin mencek blog atau situs sendiri atau milik orang lain maka dapat mengetikkan alamat url pada kotak yang tersedia di home page archive.org/web/.  maka setelah itu akan tampil deretan kolom bulan, tanggal dan tahun saat pertama hingga terakhir kali sebuah blog di dokumentasikan.

Jika ingin melihat tampilan sebuah website berdasarkan tahun kalender tertentu, maka sobat cukup mengklik tahun dan kemudian mengklik tanggal yang diarsir, maka beberapa saat kemudian tampillah laman web sesuai kondisi waktu itu.

Tampilan kalender ini memetakan beberapa kali sebuah situs atau blog yang dijelajahi oleh Wayback Machine, bukan berapa kali sebuah situs itu benar-benar diperbarui. artinya wayback machine tidak merayapi atau tidak mendokumentasikan sebuah situs kedalam internet arsip setiap hari.

Namun jika sobat ingin laman blog setiap hari atau setiap updated postingan didokumentasikan, maka sobat dapat melakukannya secara manual dengan meng-input alamat url blog sobat pada kolom "save page now".

Masih ingat dengan situs investasi emas internasional yang sempat booming kemudian melarikan dana nasabahnya beberapa tahun silam ? ya..VGMC.com, jika sobat salah satu korbannya maka dapat bernostalgia dengan melihat arsip situs tersebut sewaktu masih lancar jaya lengkap seperti aslinya bahkan dengan halaman login yang terpisah.


The Wayback Machine adalah sebuah inisiatif dari Internet Archive, 501 (c) (3) non-profit, dalam membangun perpustakaan digital situs internet dan artefak budaya lainnya dalam bentuk digital. Proyek-proyek lain termasuk Open Library & archive-it.org.

Bukan hanya website saja yang terangkum dalam pustaka arsip internet archive.org tapi juga berbagai aplikasi digital lainnya seperti ebook, video, audio, software dan gambar/foto. Bahkan sobat dapat bernostalgia dengan masa lalu internet pertama kali melalui games MS-DOS, memainkan games sega dan atari dll.

Bagi yang penasaran dengan games ms-dos dapat langsung mencobanya melalui link ini ; https://archive.org/details/softwarelibrary_msdos_games

Nah, itu saja yang dapat saya paparkan malam ini, ditunggu komentar sobat jika sudah pernah menjelajahi website internet archive. monggo euy..

Baca Juga ; Sejarah Halaman Web Pertama di Internet

0 Response to "Dokumentasikan Situs dan Blog via Internet Arsip"

Post a Comment