Mengenal Beberapa Istilah Domain Selain Dotcom

Ternyata ekstensi atau akhiran domain sangat banyak. Domain merupakan istilah untuk penyebutan alamat url dari sebuah laman atau home page di internet yang dapat di akses melalui sebuah browser atau link tautan hidup pada sebuah postingan. Sedangkan hosting merupakan wadah untuk menyimpan isi dari sebuah website.

Dari sebuah domain akan menghasilkan turunannya yang disebut dengan subdomain, seperti pada wordpress.com, blogspot.com dimana juga digunakan oleh blog ini sebelum custom domain dengan alamat teknorc.blogspot.com sedangkan setelah ganti domain menjadi teknotc.com.

Umumnya kita biasa mengetahui sebuah domain dengan ekstensi, akhiran (.) titik yang dibaca dot com seperti ; www.namadomain.com tapi sebenarnya masih banyak ekstensi domain lainnya yang jarang kita ketahui dan terus berkembang.


Sehingga ketika berbicara mengenai alamat sebuah domain yang menggunakan akhiran selain .com, .net, .org dll sejenis kita sering mendengar pertanyaan balik dari seseorang yang masih belum familiar dengan istilah ekstensi domain.

Contoh kasus, misalkan kita memperoleh sebuah artikel yang dirasa bermanfaat dan kita ceritakan pada teman, nah jika teman tersebut merasa tertarik dengan artikel tersebut dan ingin membacanya sendiri dan mengetahui artikel lainnya, maka dia pasti menanyakan alamat website tempat kita memperoleh informasi tersebut.

Tentu kita akan menyebutkan alamat url dari blog atau website tersebut mialnya ; saya membaca artikel menarik tadi dari situs ; informasimenarik.website (informasimenarik dot website). Nah dari sini sobat tadi akan kembali bertanya dotcom atau dotnet? hehe..padahal sudah disebutkan lengkap dotwebsite, tapi dasar ekstensi dotwebsite  belum familiar makanya orang awam akan bertanya lagi.

Itulah contoh sederhana dari ekstensi domain selain dot com, dot net, dot org yang masih aneh ditelinga netter awam. Berikut saya share beberapa ekstensi domain yang lain tersebut. ;

1. dot website (.website)
2. dot club (.club)
3. dot tv (.tv)
4. dot mobi (.mobie)
5. dot info (.info)
6. dot link (.link)
7. ekstensi domain yang menggunakan kode sebuah negara ; dot id (indonesia), dot nl (belanda), dot us (amerika), dot br (brazil), dot
8. dll, masih banyak buanget

Selanjutnya ; Sejarah Halaman Website Pertama di Dunia

0 Response to "Mengenal Beberapa Istilah Domain Selain Dotcom "

Post a Comment