6 Cara Mengisi BBM Mobil/Motor Agar Hemat Pengeluaran

Kendaraan membutuhkan BBM ; bensin, pertamax atau solar. Irit tidaknya pemakaian bbm tidak hanya dipengaruhi oleh performa kendaraan tapi juga bagaimana saat melakukan pengisian bbm kedalam tanki kendaraan.

Berbicara mengenai kendaraan bermotor tak hanya berkutat di seputar komponen, perawatan dan keunggulannya semata. Namun,cara pengisian bahan bakar juga perlu diperhitungkan.

Pasalnya pengisian bensin yang tepat tak hanya akan menjaga umur kendaraan, tapi juga hematnya pengeluaran kantong Anda.

Lantas, bagaimana caranya agar umur kendaraan bisa panjang dan pengeluaran bisa hemat?

1. Isi BBM pada sore atau malam hari

Jika Anda ingin bisa menghemat uang bensin kendaraan, isilah bensin pada malam atau sore hari.


Suhu yang lebih dingin saat sore atau malam hari akan membuat bensin menjadi lebih padat. Sebaliknya, suhu panas pada pagi dan siang hari membuat bensin lebih cepat memuai.

2. Setting Nosel SPBU ke posisi slow mode

Selain itu, mintalah petugas SPBU untuk mengisi bensin kendaraan dengan setting nosel bensin pada posisi slow mode.

Trigger memiliki tiga level, yaitu low, medium dan high. Dengan posisi slow mode, bensin akan masuk secara perlahan dan meminimalisir bensin yang menguap.

3. Isi bensin kendaraan saat tangki masih setengah penuh.

Tangki bensin yang kosong akan memiliki banyak ruang udara sehingga bensin akan mudah menguap karena udara dalam ruang kosong tersebut.

4. Jangan mengisi bensin di SPBU yang tengah melakukan pengisian storage tank (truk bensin).

Karena bensin yang berada ruang penyimpanan akan teraduk dan kotoran yang mengendap didasarnya akan masuk ke dalam kendaraan Anda.(merdeka)

5. Isi BBM sampai full

Terkait dengan beberapa tips di atas, jika pengisian tidak sampai full tank maka akan menyisakan ruang udara di dalam tangki. Pengalaman ini pernah saya rasakan sendiri, bbm kendaraan lebih hemat 1 hari lebih dengan jarak tempuh yang sama.

6. Hindari Mengisi BBM di Pertamini Ketengan

Sobat tahukan pertamini yang banyak berjejer dipinggir jalan dengan jerigen2 kecil ukuran 1-5 liter, dulu sering ditambahi dengan istilah "bensin murni" yang harga per liternya lebih mahal Rp.500-Rp.1000.

Dari harga perliternya saja sudah terlihat perbedaan dengan spbu pertamina, belum lagi volume bbm yang sudah di wadahi tersebut apakah benar-benar 1 liter atau tidak hanya penjualnya yang tahu.

Nah, Anda sekarang sudah tahu kan caranya mengisi bensin dengan baik dan benar?

Selanjutnya ; Kenaikan BBM dan antrian kendaraan Apa Untungnya?

0 Response to "6 Cara Mengisi BBM Mobil/Motor Agar Hemat Pengeluaran"

Post a Comment