Cara Mudah Merubah Huruf Posting Blog Otomatis

Font atau huruf dalam postingan blog merupakan salah satu faktor penentu terhadap banyaknya visitor dan pageview, disamping konten yang berkualitas tentunya. Terkadang kita berkunjung pada sebuah blog yang mempunyai font yang aneh-aneh atau hurufnya seperti huruf kreasi atau mungkin hurufnya seperti biasa tapi ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil.

Menjumpai blog seperti ini biasanya saya sendiri merasa malas untuk meneruskan menelusuri blog tersebut dan hanya membaca satu artikel yang memang dibutuhkan. Tentu sobat tekno tidak menginginkan peristiwa itu terjadi pada blog sobat. Karena itu. jika maksud kita membuat blog untuk berbagi segala sesuatu yang bermanfaat alangkah bijaksananya kita juga memanjakan mata audiens blog kita dengan tampilan desain, ukuran dan jenis huruf serta navigasi blog yang baik.

Adakah tips untuk mendapatkan semua itu? Tentu saja ada berbagai faktor yang perlu untuk kita pertimbangkan agar banyak pengunjung yang membaca tulisan kita hingga akhirnya membaca dan memberi komentar dengan baik. Salah satu faktor mendasar yang penting untuk kita perhatikan adalah jenis huruf yang digunakan dalam postingan blog kita.


Berkaitan dengan pemilihan huruf yang pas bagi postingan blog kita, bagaimana cara untuk mengubah ukuran dan jenis font dalam postingan blog ? Karena biasanya huruf tersebut telah melekat default dengan template blog yang biasa kita dapatkan secara gratis.

Berikut ini akan dijelaskan cara mengubah jenis dan ukuran font di dalam postingan blog secara otomatis.

Pertama log in ke dalam akun blogger sobat ;

Klik Template

Klik edit HTML

Letakkan kursor pada sembarang tempat dalam html

Pencet Ctrl F pada keyboard

Copy dan paste kan kode berikut pada kotak pencarian yang baru muncul, pencet ENTER
.post-body{  atau  .post-body {
Perhatikan kode yang tersorot berikut ;
.post-body{padding-top:10px;font:17px 'PT Sans Narrow';margin:1.0em 0 .75em;line-height:1.6em}
Untuk mengubah jenis font di postingan blog, pilih dan masukan 1 nama huruf berikut pada kode warna merah di atas.
Arial, Georgia, Tahoma 
Untuk mengubah ukuran font di postingan blog, ganti angka warna ungu pada kode di atas.
font:16px;
Contoh Hasil akhir merubah jenis dan ukuran font.
.post-body{padding-top:10px;font:16px Tahoma;;margin:1.0em 0 .75em;line-height:1.6em}

Klik save template dan selesai

Tips:
  1. Ganti huruf dengan jenis font yang disukai.
  2. Ganti 16px dengan ukuran font yang disukai.
  3. Gunakan tombol Ctrl+F pada keyboard untuk mempercepat proses pencarian kode yang diinginkan di dalam template blog.
  4. download dan simpan template blog terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika kita mengalami kegagalan ketika proses editing berlangsung.
Dengan melakukan perubahan melalui desain html template. maka secara otomatis semua postingan artikel pada blog akan berubah ukuran dan jenis hurufnya. Sedangkan jika sobat menggunakan cara manual, maka sobat dapat merubah jenis dan ukuran huruf melalui halaman compose pada saat menulis artikel/postingan blog.

Sobat tekno rc, tujuan utama pengunjung datang ke blog kita adalah untuk membaca. Karena itu, berikanlah tampilan jenis font yang selaras dengan desain template blog dan mudah serta nyaman untuk dibaca. Atur juga ukuran font agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Sehingga, dengan pengaturan jenis dan ukuran font di postingan blog yang pas akan membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama membaca setiap halaman postingan di blog kita.

0 Response to "Cara Mudah Merubah Huruf Posting Blog Otomatis"

Post a Comment