HP Jadul Pertama Generasi Awal Mobile

Dari ragam perangkat ponsel yang ada sekarang ini, pastinya ada produk yang mengawalinya terlebih dahulu sampai ke generasi smartphones. Seperti apa sih produk-produk dengan status 'generasi awal' tersebut?

Saat ini, sudah banyak sekali vendor-vendor perangkat mobile yang tumbuh berkembang dan bahkan di antaranya juga telah menjadi jawara di ekosistem mobile.

Namun tentunya, mereka di awal memulai bisnisnya, pasti memiliki produk pertama sebagai 'batu pertama' dalam mengembangkan usaha mereka. Dikarenakan banyaknya vendor yang ada, merdeka.com mencoba memampatkan menjadi beberapa vendor ternama saja dan mengulas produk-produk pertama yang mereka buat.

1. Nokia
Di tahun 1972, Nokia yang awalnya adalah pabrik pengolahan kayu akhirnya beralih bisnis ke bidang telekomunikasi. Dari perkembangannya, pada tahun 1982, Nokia menciptakan perangkat komunikasi pertama bernama Mobira Senator.

Di tahun yang sama, Nokia juga merilis Nokia DX200 yang merupakan telepon digital pertama, walaupun ada bantahan bahwa Motorola adalah perilis perangkat mobile digital pertama dengan DynaTAC 8000X nya.


Keterangan gambar: Mobira Senator (1982 - 9,5 kg), Mobira Talkman (1985 - 5,5 kg), Cityman 900 (1987 - 760 g)

2. Sony Ericsson
Dalam kancah mobile, pada tahun 2000, nama Sony belum termasuk yang diperhitungkan karena mereka tidak memiliki pasar dalam ekosistem ini. Namun sejak melakukan joint venture dengan Ericsson yang notabene adalah perusahaan pemroduksi perangkat telekomunikasi asal Swedia dan memunculkan nama Sony Ericsson, maka popularitasnya perlahan naik.

Untuk masalah produk, sebenarnya T68 ini bukan perangkat mobile baru karena sebelumnya sudah dirilis oleh Ericsson pada tahun 2001.


Ketika telah merger dengan Sony, maka ponsel ini diciptakan kembali dengan desain sama dan diberi nama Sony Ericsson T68i. Ponsel ini merupakan perangkat mobile pertama keluaran Sony Ericsson yang dirilis pada tahun 2002.

3. Motorola
Banyak yang mengatakan bahwa, perangkat mobile digital dan portable pertama adalah diciptakan oleh Motorola. Pada tahun 1984, Motorola merilis perangkat telekomunikasi yang dinamakan Motorola DynaTac 8000X.


Namun sebelum dirilis secara umum, Martin Cooper pernah memperlihatkan prototype dari DynaTac tersebut pada tanggal 4 April 1973.

4. Samsung
Di bawah bendera Samsung Group, Samsung mobile atau Samsung Telecommunications mengalami beberapa kali gonjang-ganjing di dalam manajemennya.


Pertama kali memperkenalkan perangkat komunikasi portable bernama Samsung SH-100 pada tahun 1988, Samsung terus berupaya untuk mendongkrak popularitas brand mereka di ekosistem mobile.

5. Apple
Mungkin banyak yang mengira bahwa perangkat mobile milik Apple adalah iPhone, namun ternyata sekitar tahun 1993-an, Apple pernah membuat Personal Digital Assistant bernama Apple Newton MessagePad.

Memang perangkat ini tidak dapat digunakan untuk menerima atau mengirimkan pesan SMS atau juga digunakan untuk telepon, namun dengan MessagePad, penggunanya dapat mengirim dan menerima fax.

Setelah era PDA berakhir, Apple memulai untuk menciptakan perangkat mobile sesungguhnya yaitu dimulai dari iPhone. (merdeka)

0 Response to "HP Jadul Pertama Generasi Awal Mobile"

Post a Comment