Cara Membedakan Media Online dan Blog

Pengertian Media online dan blog. Beberapa orang teman pernah berdiskusi tentang media online. Banyak hal yang menjadi bahan diskusi, seperti apa itu media online, bagaimana cara membedakannya dengan blog atau sosial media. Lalu bagaimana cara menilai sebuah media online tersebut dikelola dengan baik atau tidak?

Masih banyak pertanyaan lain, yang berarti masyarakat sudah makin akrab dengan media online dan sebagian besar sudah bisa melihat media online yang dikelola dengan baik atau tidak.

Media online, sama dengan media lainnya yang menurut UU Pers N. 40 Tahun 2009, berfungi sebagai informasi massa dengan fungsi sarana komunikasi, pendidikan, hiburan dan lainnya. Namun karena berada di dunia maya, medianya disebut dengan media online. Ada beberapa sebutan lain, seperti portal, situs berita, broadcast media.

Layaknya media massa, media online juga dikelola dengan tim redaksi dan tim pendukung lainnya, seperti marketing, umum, keuangan, layout desain terutama webmaster. Media Online, atau portal juga terbit secara teratur, kontiniu dan memiliki usaha yang berbadan hukum.

Pengertian Media online dan blog
Menurut informasi, ketika dewan pers melakukan verifikasi hanya dilakukan pada perusahaan media yang memiliki badan hukum perseroan terbatas (PT).

Sebagai sebuah perusahaan media, media online juga bisa dilihat dari keberadaan kantor, susunan tim redaksi, keteraturan update postingan dan jaringan dari media itu sendiri. www.padangtoday.com di bawah naungan perusahaan informasi teknologi, PT Padang Ruangmedia Informatika, merupakan salah satu anak perusahaan Jawa Pos yang tergabung dalam Jawa Pos News Network (JPNN). Sejak dibangun kembali pertengahan tahun 2012, padangtoday.com telah memiliki beberapa kanal seperti news, info database, forum, foto, video, epaper dan games.

Hal diatas, bisa dipergunakan sebagai cara sederhana membedakan dari blog. Blog, merupakan situs yang bertujuan untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok non profit. Blog biasanya bisa dibuat secara gratis, dari paket situs penyedia blog seperti wordpress, blogspot dan lainnya. 

Isi atau konten dari blog juga biasanya bertujuan untuk sarana publikasi pribadi atau kelompok. Ada juga blog yang dibangun dengan membeli nama comersial seperti .com, .info atau .co.id dan lainnya.

Nah! dewasa ini, untuk meningkatkan jumlah pengunjung, blog juga didesain seperti situs berita. Bahkan memuat iklan banner, yang desainnya banyak beredar di dunia maya. Bahkan beberapa orang, penulis blog juga mengaku sebagai wartawan media online. Ini makin rumit. 

Namun tingkah laku, dan prilaku seorang wartawan juga bisa dibedakan secara sederhana di lapangan. Siapapun dia, jika ada wartawan yang bikin pusing anda, menghindarlah dan segeralah cari obat sakit kepala bodr*x. (padangtoday)

0 Response to "Cara Membedakan Media Online dan Blog"

Post a Comment