Ini Daftar Nama Badai Atlantik Sepanjang Masa

Badai, angin ribut, topan atau tornado adalah sebuatan bagi anomali cuaca berupa angin yang bertiup kencang yang mempunyai efek merusak. kebanyakan nama badai identik dengan perempuan, mungkin karena yang suka mengamuk adalah wanita karena pengaruh hormon dalam tubuh mereka terutama menjelang pre menstruasi (PMS)

Musim badai mulai terjadi di Samudra Atlantik setiap tanggal 1 Juni dan berakhir pada 30 November tiap tahun. Wilayah yang dilewati badai-badai ini termasuk Utara Atlantik, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia. Setiap paket daftar nama akan dirotasi tiap enam tahunnya, jadi nama yang digunakan pada 2013 akan digunakan kembali pada 2019.

Karena ini merupakan peristiwa tahunan, peneliti dari Organisasi Meteorologi Dunia sudah menyiapkan daftar nama-nama badai. Nama-nama sesuai abjad dan bergantian nama lelaki dan perempuan ini akan digunakan pada badai yang masuk dalam status badai tropis. Yakni badai yang mencapai kecepatan angin 63 kilometer per jam atau lebih.


Setiap paket daftar nama akan dirotasi tiap enam tahunnya, jadi nama yang digunakan pada 2013 akan digunakan kembali pada 2019 mendatang. Namun, dispensasi akan dilakukan pada nama lama jika badai bersangkutan menghasilkan kekacauan dahsyat dan pemakaiannya kembali akan menimbulkan efek psikologis pihak-pihak yang terdampak akannya.

Contohnya adalah nama Badai Sandy yang menjadi badai Atlantik paling mematikan pada tahun 2012.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, nama-nama ini sesuai dengan abjad (A, B, C, dan seterusnya) hanya saja tidak ada nama yang diciptakan dari hurup Q, U, X, Y, dan Z.

Berikut daftar lengkap nama-nama badai Atlantik 2013 Andrea, Barry, Chantal, Dorian, Erin, Fernand, Gabrielle, Humberto, Ingrid, Jerry, Karen, Lorenzo, Melissa, Nestor, Olga, Pablo, Rebekah, Sebastien, Tanya, Van, Wendy. (nationalgeographic)

0 Response to "Ini Daftar Nama Badai Atlantik Sepanjang Masa"

Post a Comment